Kamis, 18 Juni 2015

Fisika Kita



Fisika...??? Uuuhhhhh....!!!!
Barangkali itulah jawaban anak-anak SMP atau SMA jika ditanya tentang pelajaran Fisika. Apalagi setelah 2 tahun terakhir ini mata pelajaran ini termasuk salah satu mata pelajaran yang diujikan secara nasional. Rasa ketidaksukaan anak-anak akan semakin bertambah.
Benarkah fisika itu sulit? Benarkah fisika itu menakutkan? Mungkin jawaban anak-anak di atas itu benar. Bahwa fisika itu sulit, bahwa fisika itu menakutkan. Bahkan ada siswa yang mengatakan "baru lihat gurunya aja udah sebel!!". Kebenaran jawaban anak-anak itu barangkali karena selama ini fisika ditampilkan dengan seseuatu yang menakutkan. Selama ini biasanya guru yang mengajar fisika itu galak, tidak bersahabat dengan anak. Selain itu fisika ditampilkan dengan hitungan-hitungan yang sulit. Selain rumusnya yang rumit, juga angka-angkanya yang sulit dihitung. Fakta-fakta tersebut, harus diakui sekarang masih ada.



Apakah memang fisika harus ditampilkan seperti itu? Jika guru mau melihat SKL (Standar Kompetensi Lulusan) yang tertuang pada Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2003, di sana disebutkan bahwa ternyata standar kompetensi lulusan yang dipersyaratkan tidaklah terlalu sulit. Bahkan, sewaktu baru-baru ini saya mengikuti Bimbingan Teknis Penyusunan Soal Ujian Fisika, ditegaskan bahwa soal-soal Fisika setingkat SMP harus bisa dikerjakan dalam 1 langkah, paling banyak 2 langkah. Ini menyiratkan bahwa soal-soal ujian fisika setingkat SMP bentuknya sangat sederhana.

Lalu, mengapa selama ini fisika itu dianggap sulit? Dugaan saya, justru guru fisika itu sendiri yang menampilkan fisika sebagai sesuatu yang menakutkan. Antara lain dengan menampilkan wajah yang 'sangar' di depan siswa. Lalu menuliskan rumus-rumus, seolah-olah sulit. Ditambah lagi dengan membuat soal yang rumit dengan banyak langkah untuk mengerjakannya dan angka yang sulit. Harapan sang guru tentunya supaya siswa akan 'ngajeni' gurunya, meskipun dengan kesulitan.

Jadi, sebenarnya fisika tidak sulit. Mari, saya mengajak para guru fisika khususnya SMP, kita upayakan agar fisika itu dianggap mudah oleh siswa, dengan cara menanamkan sesuatu yang sederhana tentang fisika bukan yang rumit. Selamat mencoba..!!!

1 komentar: