Jumat, 26 Juni 2015

Membuat Magnet

Selain yang ditemukan di Magnesia, suatu daerah di Asia Kecil (yang disebut magnet alam), ternyata magnet dapat dibuat (disebut magnet buatan). Bahan untuk membuatnya adalah bahan-bahan yang tergolong ke dalam ferromagnetik, seperti besi, baja, atau campuran besi dan baja. Pada prinsipnya membuat magnet adalah mengubah susunan magnet elementer yang tidak beraturan menjadi searah dan teratur. Ada tiga cara membuat magnet, yaitu dengan cara menggosok, dengan cara induksi, dan dengan cara mengalirkan arus listrik (elektromagnet).


Magnet Elementer
Pada bahan yang tidak bersifat magnet. Magnet-magnet elementer yang ada di dalam bahan arahnya tidak beraturan. Agar bahan tersebut bersifat magnet, maka magnet-magnet elementer itu harus diarahkan ke arah yang sama dengan tiga cara seperti disebutkan di atas. Perhatikan gambar berikut!

Gambar atas adalah bahan yang tidak bersifat magnet, sedangkan gambar bahwa adalah bahan yang sudah bersifat magnet.

Magnet Elementer Besi dan Baja
Magnet-magnet elementer pada bahan besi sangat mudah diarahkan, sehingga bahan besi lebih mudah dibuat magnet. Namun magnet-magnet elementer besi mudah berubah arah, sehingga sifat kemagnetan bahan besi mudah hilang.
Magnet-magnet elementer pada bahan baja sangat sulit diarahkan, sehingga bahan besi lebih sukar dibuat magnet. Namun magnet-magnet elementer baja yang sudah searah sulit berubah arah, sehingga sifat kemagnetan bahan baja sukar hilang.
Dengan demikian, bahan besi jika dibuat magnet akan menjadi magnet sementara (sifat kemagnetannya mudah hilang), sedangkan bahan baja jika dibuat magnet akan menjadi magnet permanen (sifat kemagnetannya sukar hilang).

3 komentar: